page contents
 
Picture
Siapa sih yang ga kenal dengan tokoh fenomenal yang satu ini?? Terutama Anda yang senang dengan sejarah revolusi di berbagai belahan dunia.. Atau Anda yang gemar mengkoleksi merchandise orang yang satu ini..yuk kita baca kisah singkatnya yang udah ane rangkum dari sumber2(banyaknya wiki sih...wahahaha)...

Nah kita mulai dari asal muasalnya..nama lahirnya/borojolnya itu Ernesto Guevara Lynch de La Serna,  keren beud kan?? yoii...campuran etnisnya juga gokil..ga tanggung2 Irlandia+Basque+Spanyol...tapi doi lahirnya di Argentina..Knapa?? suka2 donk..hehehe...ohiya Basque itu suatu etnis di sekitaran Spanyol..salah satu produknya itu adalah Xabi Alonso.. 
Doi lahir  di Rosario, Argentina tanggal 14 Juni 1928..itu versi aktanya...versi bnerannya 14 mei 1928...knapa diganti?? gtw juga sih...biar keren kali (lahh apa kerennya dah!)

Dan kerennya lagi semasa kecilnya doi udah suka baca buku2 Karl Marx, Sigmund Freud, dan tokoh2 kolot lainnya....gokil kaga??..lah gw aja masih doyan ngompol,,,ni orang udh baca buku yang berat2 gtuu...salute!

Jangan lupa sob..doi ini anti banget ama Amrik..ama dollar..ama film2 hollywood(haha..yang ini ngarang)....poko e semuanya yang bau kapitalis lah dia anti...soalnye doi pernah melihat sebuah penghinaan dalam pantomim yang dilakonkan di Parlemen dengan democrazy-nya...dan juga gara2 waktu kecilnya suka baca bukunya Karl Max dkk kali yee..yang emang notabene anti kapitalis--alias anti Amrik.

Selain itu doi juga berprestasi di bidang sastra dan olahraga plus dia ambil kuliah kedokteran...kedokteran apanya kaga tau gw...wuahahaha..tapi kayanya sih jurusan dokter kulit dan kelamin kali yaa soalnya pertamanya doi mendalami asma---yang notabene penyakitnya dari kecil---trus doi tertarik ama penyakit kusta (penyakit yang emang melegenda soalnya suka masuk di kitab suci agama samawi).

Skip dah...kita langsung ke jaman dia gede aja...setelah sebelumnya doi jalan2 keliling Argentina+beberapa begara amerika selatan pake motor--argentina itu luasnya sekitar 2.7jt km2,,sedangkan indonesia "cuman " 1.9jt km2....MUKE GILE!!!---yang ampe ada film-nya tuh....nah dia itu kan kepengen jadi tenaga medis pemerintah di Guatemala--salah satu negri yang dikunjunginya---tapi kaga bisa soalny doi ga mau gabung ama partai komunis,,meskipun doi ngebet bgt tuh ama ajarannya si Marx ama Lenin..tapi dia ga mau gabung mungkin gara2 org2 di dalemnya bajingan2 kali yaaa??

Trus ya udah deh dia tinggal ama istrinya orang kturunan Indian,,nah ama istrinya ini doi knal ama Fidel Castro..wah ga berapa lama kenal doi terkagum2 ama ideologinya Fidel Castro..poko e bagi doi Fidel Castro recommended bgt lah buat jadi pemimpin--waktu itu Castro masih jadi garis keras di sono--

Dimulailah gerakan si Pak Castro ini ke pemerintah Kuba,,yang tentu saja si "che" ikut--btw Che itu artinya sahabat dalam bahasa Itali--, Si Che ini orangnya gokil..ada yang ceroboh ditembak...gokil gak?? Maka dari itu dia terkenal bgt di antara para gerilya....dan akhirnya setelah berjuang bersama2 maka lengser lah pemimpin bajingan (menurut gerombolanya Castro) yang berkuasa di Kuba...dan Che menjadi orang nomor dua di Kuba..setalah Castro tentunya...

Doi juga pernah maen ke Indo nih ceritanya..maen ke Candi Borobudur...trus ketemu ama Bung Karno dan dia juga makan nasgor,,sate kambing,,peyeum,,nasi lengko,,dlll......nah pas udh kenyang balik dah dia ke Kuba trus jadi Mentri Perindustrian---ceritanya dia Studi Banding kali ke Indo--

Trus sikap politik Kuba pada masa itu mirip2 Indo lah...non-blok,,,bedanya kalo Indo kan bingung mw deket ama yang mana,,,klo Kuba anti banget ama Soviet ama Amrik juga....ya beda tipis lah...Gokil lah poko e!

Petualangan terakhir Abang Che ini ke Bolivia coii...biasa mw revolusiin tuh negara yang dia anggap udah kacrut....tapi sayang 3000 sayang coii ketangkep doi dan DIE lah dia oleh tentara Bolivia...T__T

Tapi tetep doi ttp jadi Legend...keganasannya, romatisnya,kerennya,cara ngisep cerutunya, anti negara2 kuat...dlll gakan bisa dilupain orang...sampe2 kaya yang di awal gw bilang...jadi merchandise coii...salah satunya kaos ane ini...jadi klo ente2 penggemar si Abang Che ini lsg dah pesen kaga usah mikir...udah mah desainya keren,,,tokohnya keren,,,pedagangnya juga keren...hehehehe.....

Sip dah segtu aja dulu!!! Salam super!!  Wasaalaammm!!!





 


Comments




Leave a Reply

    Author

    Ini adalah karangan dari GUNTUR SETIAWAN,,sang pemilik blog...jadi maaf aja yee..

    Archives

    April 2013